Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia terhadap Lingkungan

Minggu, 16 Januari 2011

per tambahan jumlah penduduk yang terlalu cepat dapat menimbulkan banyak permasalahan. Pertambahan penduduk tentunya menuntut juga penambahan berbagai fasilitas, misalnya perumahan, sekolah, angkutan, dan pekerjaan. Pertambahan penduduk yang berlangsung terlalu cepat, menyebabkan tidak cukup waktu untuk merencanakan dan menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Sebagai contoh, perhatikanlah suasana di rumah pada saat kedatangan banyak tamu, misalnya sewaktu libur hari raya. Rumah yang semula hanya dihuni beberapa orang saja, secara mendadak harus menampung banyak orang. Oleh karena keterbatasan tempat tidur, sebagian penghuni harus tidur di lantai; harus antri untuk menggunakan kamar mandi; harus bergantian dalam menggunakan alat-alat makan; dan ada kemungkinan tidak kebagian makanan karena sudah kehabisan.
Untungnya semua itu hanya berlangsung untuk beberapa hari saja. Jika hal tersebut berlangsung selamanya, tentu akan timbul banyak masalah, seperti tidak bisa belajar tenang dan tidak bisa beristirahat tenang. Dari gambaran tersebut, dapatkah kamu menduga apa yang terjadi seandainya jumlah penduduk terus bertambah? Bagi kamu yang tinggal di perkotaan mungkin pernah melihat atau merasakan bahwa jalanan sering macet, rumahrumah saling berhimpitan, dan tidak ada lapangan untuk bermain. Mungkin juga kamu pernah mendengar atau bahkan mengalami sendiri bahwa di musim kemarau seringkali terjadi kekurangan air karena pasokan air dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) berkurang atau sumur mengering. Sebaliknya di musim hujan sering terjadi  banjir. Dapatkah kamu menghubungkan keadaan ini dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk? Untuk memprediksi akibat yang ditimbulkan oleh kepadatan penduduk.
Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, kini banyak hutan yang ditebang untuk diambil kayunya guna membangun rumah atau untuk lahan pertanian. Selain itu, banyak juga lahan pertanian yang kini digunakan untuk membangun rumah tinggal, pabrik, pertokoan, dan gedung pencakar langit. Perubahan fungsi lahan dari lahan pertanian atau perkebunan menjadi lahan perumahan telah membawa perubahan yang sangat besar. Daerah yang tadinya merupakan daerah untuk resapan air kini justru menjadi daerah yang ikut membuang air. Akibatnya, tentu saja air tanah menjadi berkurang dan pada saat hujan besar menjadi timbul banjir. Dapatkah kamu menduga apa saja akibat yang di timbulkan dari pengalihan fungsi lahan pertanian atau perkebunan menjadi kawasan perumahan atau pabrik?
Pengaruh Kepadatan 1
Pernahkah kamu mendengar kata “polusi” atau pencemaran? Pencemaran adalah masuknya bahan-bahan yang menyebabkan timbulnya perubahan fi sik, kimiawi, dan biologis yang tidak diharapkan. Berdasarkan tempat terjadinya, pencemaran dikelompokkan menjadi pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran udara.
1. Pencemaran Air
Pernahkah kamu memerhatikan selokan-selokan di sekitar sekolah atau rumahmu. Apakah menurutmu air yang ada di selokan tersebut masih bersih ataukah sudah tercemar? Untuk menambah pemahamanmu, coba kamu perhatikan Gambar 12.6. Pada gambar tersebut tampak air yang masih jernih dan air yang sudah tercemar.
Pengaruh Kepadatan 2
Banyak selokan yang airnya tampak hitam dan bau. Hal itu menunjukkan bahwa air selokan tersebut sudah tercemar. Kegiatan hidup manusia seringkali menghasilkan bahan-bahan yang jika dibuang ke air dapat menimbulkan pencemaran. Limbah pabrik, sampah-sampah, air bekas mandi dan mencuci, serta pembuangan kotoran merupakan sebagian contoh kegiatan manusia yang menyebabkan pencemaran air.
Air yang tercemar akan mengakibatkan rusak atau matinya makhluk hidup di air. Hal ini dapat kamu amati dengan jelas. Kamu tidak akan menemukan ikan atau binatang air lain di air yang tercemar. Salah satu sumber pencemaran adalah deterjen (sabun cuci). Deterjen merupakan salah satu bahan yang bisa menimbulkan pencemaran yang banyak dipakai oleh masyarakat. Hampir setiap hari, setiap keluarga mencuci menggunakan deterjen. Mereka membuang deterjen ke saluran air.
Deterjen yang paling aman bagi ikan merupakan salah satu indikator deterjen yang ramah lingkungan. Sebagai bukti kita cinta lingkungan, mari kita gunakan deterjen yang ramah lingkungan dan tidak menggunakan deterjen secara berlebihan. Marilah kita sayangi makhluk ciptaan Tuhan yang hidup di air dengan cara mengurangi pemakaian bahan-bahan yang bisa mencemarkan air.
2. Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah sangat erat hubungannya dengan pencemaran air. Air yang tercemar akan menyebabkan tercemarnya tanah yang terkena air tersebut. Oleh karena itu, bahan yang menyebabkan pencemaran air sesungguhnya merupakan bahan pencemar tanah juga. Selain bahan pencemar yang larut dalam air, pencemar tanah yang lainnya adalah bahan-bahan padat yang tidak bisa diuraikan, seperti plastik, keramik, genting, gelas, dan kaca. Oleh karena bahan-bahan tersebut sangat sulit diuraikan, tanah yang banyak mengandung bahan-bahan tersebut menjadi tercemar dan tidak subur. Sampah plastik merupakan sampah yang perlu mendapatkan penanganan serius. Plastik memang sangat praktis digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari bungkus, alat-alat rumah tangga, alat sekolah, dan bahan bangunan. Sayangnya, plastikplastik bekas seringkali dibuang sembarangan sehingga mengotori air dan tanah.
Perhatikan gunungan sampah pada Gambar 12.7. Sampah merupakan salah satu sumber pencemar tanah yang memerlukan penanganan yang terpadu. Oleh karena plastik merupakan bahan yang sangat stabil, sampah plastik tidak akan terurai oleh pengurai. Oleh karena itu, cobalah kurangi pemakaian plastik. Selanjutnya, buanglah sampahnya dengan baik supaya tidak mencemari air dan tanah.
 Pengaruh Kepadatan 3
Bahan pencemar tanah yang lain adalah bahan kimia yang banyak digunakan untuk pertanian. Kamu tentu mengetahui bahwa pupuk merupakan bahan yang sangat dibutuhkan petani untuk menyuburkan tanaman. Demikian juga dengan pestisida dan bahan-bahan lain yang digunakan untuk membasmi hama tanaman. Tetapi, tahukah kamu bahwa pupuk dan bahanbahan tersebut juga bisa menimbulkan pencemaran?
Penggunaan pupuk dan obat-obat tanaman yang berlebihan dapat membunuh pengurai yang hidup di tanah. Pada pelajaran sebelumnya telah dijelaskan bahwa pengurai merupakan makhluk hidup yang berjasa menguraikan bahan-bahan sisa menjadi mineral yang sangat dibutuhkan tumbuhan. Jika tidak ada pengurai maka tanah akan miskin mineral dan zat hara lain yang diperlukan tumbuhan. Akibatnya, tanah akan kehilangan kesuburannya.
3. Pencemaran Udara
Udara yang tercemar adalah udara yang mengandung satu atau beberapa zat kimia dalam jumlah banyak sehingga mengganggu manusia, hewan, tumbuhan, dan benda-benda lain di lingkungan. Benda yang menyebabkan polusi udara ada bermacam-macam, antara lain karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), belerang (SO2 dan SO3), debu, dan asap. Jika kamu perhatikan, bahan-bahan pencemar tersebut merupakan bahan-bahan yang dihasilkan dari pembakaran mesin kendaraan, mesin-mesin pabrik, dan kebakaran hutan.
Memang manusia membutuhkan pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor untuk kesejahteraan hidupnya. Akan tetapi, semua itu haruslah dilakukan dengan tetap memperhatikan pengaruh negatifnya terhadap lingkungan. Pencemaran udara dapat merugikan manusia secara langsung, misalnya mengganggu kesehatan. Akan tetapi, pencemaran juga menimbulkan akibat yang tidak lang sung. Akibat yang tidak langsung, misalnya hilangnya keanekaragaman hewan akibat udara yang tercemar. Karbon monoksida merupakan salah satu contoh gas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Karbon monoksida lebih mudah larut dalam darah dibandingkan oksigen. Akibatnya, darah bukannya mengangkut oksigen tetapi mengangkut karbon monoksida. Oleh karena itu, karbon monoksida dapat menyebabkan sakit kepala, pusing dan pingsan, bahkan dapat menimbulkan kematian.
Dari manakah asal karbon monoksida? Karbon monoksida terbentuk dari pembakaran yang tidak sempurna. Kendaraan dan mesin-mesin pabrik yang sudah tua menjadi tidak sempurna pembakarannya dan berakibat terbentuklah karbon monoksida. Salah satu karbon monoksida yang paling banyak menganggu manusia adalah karbon monoksida yang berasal dari asap rokok.
Oleh karena itu, hindari dirimu dari rokok dan jangan cobacoba mulai merokok. Hal tersebut hanya akan membahayakan diri sendiri serta orang lain. Bahan pencemar lain yang juga sangat berbahaya bagi kesehatan adalah belerang, asap, dan debu. Debu dan asap merupakan bahan-bahan padat kecil yang dapat mengganggu kesehatan pernapasan. Masih ingatkah kamu, beberapa waktu lalu terjadi kebakaran hutan di Sumatra dan Kalimantan yang asapnya menggangu sampai daerah lain? Saat itu, banyak penduduk yang menderita infeksi saluran pernapasan akibat asap kebakaran hutan. Kerugian tidak langsung yang bisa timbul karena pencemaran udara adalah naiknya suhu bumi akibat efek rumah kaca. Karbon dioksida yang melebihi batas normal akan menyebabkan suhu bumi menjadi lebih panas. Panas bumi yang seharusnya dilepaskan, tertahan lapisan gas CO2. Orang tua kamu mungkin pernah bercerita bahwa dahulu keadaan udara di daerahmu sejuk dan tidak sepanas sekarang. Naiknya suhu ini mungkin saja disebabkan oleh efek rumah kaca.
Pengaruh Kepadatan 4
Banyaknya zat belerang di udara yang selanjutnya bertemu dengan uap air akan menyebabkan hujan asam. Masih ingatkah kamu pelajaran tentang bahan-bahan yang berbahaya di laboratorium? Salah satunya adalah asam sulfat atau yang oleh masyarakat dikenal dengan air keras. Hujan asam tersebut mengandung zat yang tak lain adalah asam sulfat atau air keras. Coba kamu bayangkan betapa berbahayanya jika hujan asam terjadi. Hujan asam tersebut dapat merusak bangunan, kendaraan, dan mematikan tumbuhan karena bersifat korosif.
Bagaimanakah keadaan lingkungan di sekitar sekolah atau tempat tinggalmu? Apakah bersih dari sampah, banyak tumbuhan dan cukup rindang, ataukah sebaliknya? Jika lingkunganmu masih bersih dan bebas dari pencemaran marilah kita jaga agar tetap bersih. Jika lingkungan sekolah mu sudah kotor dan sudah mengalami pencemaran, kamu dapat bersama-sama temanmu melakukan program kebersihan dan pengurangan pencemaran.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

1 komentar:

Poskan Komentar